Jumat, 28 Januari 2011

Aminkan Gan : Tahun 2030 Laju Pertumbuhan Muslim Lampaui Pertumbuhan Nonmuslim Dunia



Washington
- Populasi muslim sedunia akan tumbuh dua kali lebih cepat dari populasi nonmuslim global dalam 20 tahun mendatang. Saat itu, jumlah penduduk muslim akan mencapai lebih dari seperempat populasi global.. menjelma



Demikian proyeksi para peneliti di Pew Forum on Religion and Public Life yang diterbitkan dalam studi berjudul "Masa Depan Populasi Muslim Global" seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (27/1/2011).



Dengan menggunakan tingkat fertilitas, mortalitas dan migrasi, para periset tersebut memproyeksikan laju pertumbuhan populasi tahunan sebesar 1,5 persen untuk muslim sedunia dalam dua dekade mendatang. Sementara laju pertumbuhan per tahun untuk nonmuslim global hanya 0,7 persen.



Studi tersebut memperkirakan bahwa pada tahun 2030 mendatang sebanyak 26,4 persen populasi dunia terdiri dari muslim. Pada tahun itu diperkirakan jumlah total penduduk muslim adalah sekitar 8,3 miliar jiwa.



Itu merupakan kenaikan tiga persen dari gambaran saat ini di mana 23,4 persen populasi dunia adalah muslim, yang diperkirakan berjumlah total sekitar 6,9 miliar orang saat ini.



Menurut studi Pew tersebut, lebih dari 6 di antara 10 penganut Islam akan tinggal di wilayah Asia Pasifik pada tahun 2030. Dan Pakistan akan merebut posisi Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.



Studi Pew tersebut memprediksi, di Afrika, populasi muslim di negara Nigeria akan lebih besar daripada populasi muslim di Mesir dalam 20 tahun mendatang. Di Eropa, Pew memperkirakan populasi muslim akan tumbuh hampir sepertiga dalam 20 tahun, yakni dari 44,1 juta jiwa atau enam persen dari penduduk Eropa tahun 2010 menjadi 58,2 juta jiwa atau delapan persen dari proyeksi populasi total pada tahun 2030.. menjelma



Sementara Amerika Serikat ditaksir akan memiliki jumlah muslim yang lebih besar pada tahun 2030 dibandingkan negara-negara Eropa lainnya kecuali Prancis dan Rusia. Namun secara proporsional, persentase muslim atas populasi AS akan lebih kecil dibandingkan persentase muslim atas populasi di Eropa.



Salah satu negara Uni Eropa, Prancis diprediksi akan mengalami peningkatan persentase muslim menjadi 10,3 persen pada tahun 2030 atau naik dari 7,5 persen saat ini. Rusia yang bukan anggota Uni Eropa, akan terus memiliki populasi muslim terbesar secara absolut di Eropa pada 2030, yakni dengan 18,6 juta muslim atau 14,4 persen dari populasi total negeri itu.



sumber: detik.com





Arsip Blog

CEWEK BOKINGAN HOTEL

CEWEK BOKINGAN HOTEL
klik hotelnya untuk boking

Label