Minggu, 02 Januari 2011

Rasa Pedas Ampuh Turunkan Tekanan Darah

Suka makanan yang pedas? Ada kabar gembira buat penggemar makanan pedas bebrumbu cabai dan aneka rempah. Tidak hanya bisa membuat tubuh lebih segar, keringat mengucur dan efek enak di lidah, cabai juga punya khasiat dahsyat, terutama buat pengidap tekanan darah tinggi.

Banyak orang tak enak makan jika tak ada sambal atau rasa pedas cabai. Meskipun harga cabai sedang melambung naik, tetap saja diburu oleh penggemar sambal. Ada yang terasa kurang lengkap, kurang semangat jika makan tanpa cabai atau rasa pedas menggigit. Bukan hanya memberi rasa pedas, cabai juga mempunyai manfaat, mampur menurunkan tekanan darah!

Berdasarkan hasil penelitian terbaru, makanan pedas dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Para peneliti, Third Military Medical University, menemukan adanya senyawa yang terkandung dalam cabai yang dikenal dengan capsaicin (8-methyl-N-vanillyl-6-nonenamide). Senayawa ini mampu mengendurkan pembuluh darah.


Dalam tes laboratorium, seekor tikus yang mengidap hipertensi, diberi senyawa capsaicin, dan diamati perkembangannya. Ditemukan adanya penurunan tekanan darah pada hewan pengerat lebih rendah dari waktu ke waktu.

Temuan tersebut diterbitkan dalam Cell Metabolism Journal, yang menunjukan unsur capsaicin yang dapat memicu kenaikan produksi oksida nitrat - molekul gas yang memiliki kemampuan melindungi peradangan pada pembuluh darah.

Namun, butuh studi lebih lanjut yang diperlukan untuk menentukan jumlah konsumsi cabai per hari yang harus dimakan, untuk mendapatkan manfaat kesehatan tersebut. Tekanan darah tinggi kadang tidak memberikan tanda jelas akan datangnya serangan stroke, jantung dan gangguan ginjal. Kini, penyakit jantung sudah menjadi penyakit memarikan nomor 1 di dunia.

Tak ada salahnya makan sambal yang pedas menggigit lebih sering, siapa tahu manfaatnya akan terasa di kemudian hari. Setidaknya tubuh lebih segar karena berkeringat dan makanpun jadi lebih lahap! Huah..huah!

Sumber: http://wahw33d.blogspot.com

Arsip Blog

CEWEK BOKINGAN HOTEL

CEWEK BOKINGAN HOTEL
klik hotelnya untuk boking

Label