Senin, 13 Juni 2011

129 Daerah di Indonesia Berpotensi Diterjang Tsunami

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memperkirakan 129 daerah di Indonesia rawan terjangan tsunami. Warga diminta jangan panik namun tetap waspada.

Peneliti LIPI Del Afriadi Bustami membeberkan daerah yang rawan tsunami tersebar di pesisir barat Sumatera, pesisir selatan Jawa, Maluku, dan Papua. "Ada 129 daerah di Indonesia berpotensi terjadi tsunami, termasuk Aceh," ucap Afriadi di Sabang, Aceh.

Dia menjelaskan, pesisir barat Sumatera dan pesisir selatan Jawa berpotensi tsunami karena kawasan ini berada pada lempengan Samudera Hindia dan Australia. Di Sumatera, daerah berpotensi tsunami meliputi pesisir barat selatan Aceh hingga Sumatera Utara termasuk Pulau Nias, kemudian pesisir barat Sumatera Barat, Lampung, hingga Bengkulu.

"Daerah di pesisir selatan Pulau Jawa juga sama berpotensi tsunami, karena berada di lempengan," tambah pria yang akrab disapa Fidel ini.

Menurutnya, daerah di luar Pulau Sumatera dan Jawa yang berpotensi diterjang tsunami adalah Maluku dan Papua karena dua wilayah itu berada di lempengan Pasifik.

Ditegaskan, informasi ini jangan membuat masyarakat panik, namun lebih meningkatkan kewaspadaan. Pengetahuan mengenai daerah-daerah terdampak gempa bumi penting diketahui masyarakat.

Selain itu pemerintah daerah setempat diminta melakukan langkah preventif agar dampak bencana tidak masif dan korban dapat dihindari.

Sumber : Okezone.com

Arsip Blog

CEWEK BOKINGAN HOTEL

CEWEK BOKINGAN HOTEL
klik hotelnya untuk boking

Label