Senin, 21 Maret 2011

Makanlah Steak Saat Hamil Agar Bayi Tenang

Bayi rewel salah satunya karena ibu, saat hamil, kurang mengasup vitamin B12 yang didapatkan dari telur, ayam dan steak.



Vitamin B12 yang didapatkan dari steak, telur, dan ayam perlu diasup saat kehamilan. Pasalnya, asupan vitamin pada makanan ini bisa membantu ibu mendapatkan bayi berkarakter tenang atau tidak rewel. Penelitian menunjukkan perempuan yang mengasup vitamin B12 pada masa awal kehamilan, cenderung tiga kali lebih berpontensi mendapatkan bayi yang tenang. Sementara calon ibu yang minim asupan vitamin B12 cenderung memiliki bayi yang lebih sering menangis, setidaknya setiap tiga jam per hari.

Penelitian terkini yang dilakukan ilmuwan Belanda melibatkan lebih dari 4.000 perempuan pada kehamilan usia 12 minggu. Penelitian ini mencoba melihat level kandungan vitamin B12 dalam darah perempuan hamil. Kemudian, para peneliti membandingkan hasilnya dengan kuesioner yang diisi perempuan tiga bulan setelah bayi mereka lahir. Hasilnya, sekitar lima persen perempuan yang memiliki level vitamin B12 rendah cenderung mengeluhkan bayi mereka yang sering menangis. Sedangkan, satu persen perempuan dengan level vitamin B12 lebih tinggi mengaku bayi mereka lebih jarang menangis.

Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Early Human Development ini menunjukkan bahwa level B12 pada kehamilan punya pengaruh tinggi terhadap perilaku bayi. Faktor lain nyatanya tak terlalu memengaruhi seperti usia ibu saat hamil, latar belakang sosial, kebiasaan merokok, dan pendidikan. Para peneliti meyakini kekurangan vitamin B12 berpengaruh terhadap perkembangan sel saraf di otak. Minimnya asupan vitamin B12 saat kehamilan juga meningkatkan sifat lekas marah pada bayi. Siklus tidur alami pada bayi juga terganggu akibat minimnya asupan vitamin B12 saat kehamilan. Level vitamin B12 yang rendah mencegah pelepasan hormon melatonin (hormon tidur).

Meski vitamin B12 bermanfaat bagi ibu hamil, namun pakar nutrisi memeringatkan sejumlah sumber makanan dengan kandungan vitamin ini juga menimbulkan risiko pada perempuan hamil. Sumber makanan mengandung vitamin B12 seperti hati, telur mentah, keju, dan kerang, sebaiknya dihindari bumil.

Vitamin B12 yang aman dikonsumsi bumil di antaranya daging merah, ayam, dan produk susu. Makanan ini punya peran penting dalam pertumbuhan otak dan sistem saraf pada janin dan bermanfaat baik bagi darah. Kekurangan vitamin B12 yang kerapkali dialami vegetarian menyebabkan sejumlah kondisi seperti anemia, keletihan, penurunan berat badan, dan konstipasi.

http://female.kompas.com/read/2011/03/21/15305181/Makanlah.Steak.Saat.Hamil.Agar.Bayi.Tenang

Arsip Blog

CEWEK BOKINGAN HOTEL

CEWEK BOKINGAN HOTEL
klik hotelnya untuk boking

Label