Kamis, 07 April 2011

AWAS!! AKIBAT Penggunaan Lensa Kontak Tanpa Resep Dokter


Di negara berkembang seperti Indonesia, sebagian besar pengguna contact lenses (lensa kontak) membeli lensa kontak tanpa resep dari dokter. Di beberapa negara terutama negara maju, membeli atau menjual lensa kontak tanpa mempertimbangkan resep dari dokter merupakan transaksi yang ilegal.

Di era internet ini, permintaan lensa kontak di toko berbasis online kian marak. Beberapa pembeli tidak menyadari bahwa membeli lensa kontak tanpa indikasi medis ataupun resep dari dokter merupakan kesalahan awal yang berperan dalam kerusakan mata.

Lembaga yang bernama FDA di Amerika Serikat mengeluarkan peringatan yang keras dan konsisten mengenai penggunaan lensa kontak tanpa resep ini. Peringatan ini termasuk peringatan bahkan sanksi pada konsumen dan produsen lensa kontak. Hal ini merupakan gebrakan yang baik dan benar mengingat mata merupakan salah satu organ terpenting pada tubuh. Meskipun peringatan yang dikeluarkan oleh FDA ini dinilai belum dapat menghentikan sepenuhnya penjualan lensa kontak oleh oknum-oknum tertentu, setidaknya peringatan tersebut telah menyadarkan beberapa pihak akan pentingnya menjalin hubungan dokter-pasien sebelum melakukan pekerjaan-pekerjaan berbau medis.

Sesuai rekomendasi dari FDA, seseorang seharusnya memeriksakan matanya pada seorang ahli yang profesional seperti dokter spesialis mata. Banyak hal yang bisa dilakukan dokter sebelum memilih jenis lensa kontak yang layak seseorang pakai, seperti pengecekan adakah alergi terhadap lensa mata pasien, adakah kelainan visus (tajam penglihatan) sehingga diperlukan pengkoreksian visus, adakah kemungkinan terjadinya infeksi, atau adakah kelainan mata lain yang membuat tidak dimungkinkannya penggunaan lensa kontak.

Penggunaan lensa kontak non-resep seringkali hanya diperuntukkan sebagai mode (seperti lensa warna-warni) bukan untuk pengkoreksian miopia (minus) atau kelainan visus lain. Oleh karena itu, siapa saja yang ingin menggunakan lensa kontak dengan tujuan mode sekalipun, sebaiknya bahkan seharusnya berkonsultasi kepada dokter spesialis mata terlebih dahulu, agar tidak hanya mode yang dikedepankan tetapi juga kesehatan mata anda. Setelah anda berkonsultasi lalu membeli lensa kontak, lakukan konsultasi lagi agar dokter dapat menilai kualitas lensa kontak tersebut terhadap mata, dokter menilai layak pakai atau tidak lensa yang anda beli sehingga sesudah peninjauan oleh dokter, anda dapat memakai lensa kontak dengan nyaman dan sehat.


http://terselubungsekali.blogspot.com/2011/04/lima-usaha-jantung-sehat.html

Arsip Blog

CEWEK BOKINGAN HOTEL

CEWEK BOKINGAN HOTEL
klik hotelnya untuk boking

Label