Sabtu, 19 Maret 2011

Bentrok Islam-Kristen 13 Orang Tewas

Eskasalasi konflik Islam-Kristen Koptik di Mesir terus meningkat. Kekeran terus berlanjut, dan membuat situasi di Mesir, semakin tidak stabil.

Menurut laporan telivisi pemerintah, setidaknya 13 orang tewas dan 90 luka-luka akibat bentrokan antara umat Islam-Kristen Koptik di Kairo.

Bentrokan kembali pecah antara umat Islam-Kristen Koptik, setelah hari Selasa Kristen Koptik turun ke jalan memprotes pembakaran gereja minggu lalu.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Mesir, Dr Ashraf Hatem, mengatakan jumlah korban yang tewas sembilan orang. Juru bicara Gereja Koptik Abdelmaseeh Baseet, hari Rabu melaporkan jumlah korban enam orang yang mati semuanya dari Kristen Koptik. Militer Mesir telah melakukan penyelidikan terjadinya kekerasan, kata juru militer Mesir Mohamed Askar.

Mereka yang terlibat dalam "Menghasut kebencian antar agama atau terlibat dalam tindak kekerasan" harus bertanggung jawab "untuk menegakkan hukum," katanya.

Awalnya, konflik antara seorang Muslim dan keluarga Koptik yang menyebabkan pembakaran gereja di provinsi Helwan minggu lalu. Dalam beberapa pekan terakhir, ketegangan meningkat drastis antara Muslim dan Koptik di Mesir.

Sebuah gereja Koptik di kota Alexandria dibom pada Hari Tahun Baru, menewaskan 23 orang. Tentara Islam Palestina yang memiliki hubungan dengan al Qaeda, mengaku bertanggung jawab atas serangan paling mematikan terhadap golongan Kristen di Mesir.

Sepuluh hari kemudian, seorang laki-laki bersenjata membunuh seorang Kristen dan melukai lima orang Kristen lainnya kereta di Mesir.

Di bulan Januari, seorang pria dijatuhi hukuman, karena terlibat serangan terhadap gereja Koptik setahun yang lalu, kata surat kabar Mesir Al Ahram.

Populasi Kristen Koptik di Mesir hanya 9 persen dari 85 juta penduduk Mesir. Mereka pengikut ajaran Markus, yang memperkenalkan kekristenan ke Mesir, dan menjadikan Alexandria pusat gerakan Kristen Koptik.

Perpecahan dikalangan Kristen terjadi sejak abad kelima terkait dengan dogma ajaran mereka, dan akibat berbagai pendapat tentang difinisi ketuhanan Yesus Kristus

http://www.al-khilafah.co.cc

Arsip Blog

CEWEK BOKINGAN HOTEL

CEWEK BOKINGAN HOTEL
klik hotelnya untuk boking

Label