Jumat, 21 Januari 2011

Tips Jitu Cara Menahan Kebelet Pipis/Kencing/Pup/Bab/Boker Tanpa Panik/Stres

Salah satu kebutuhan biologis manusia adalah membuang kotoran yang ada di dalam tubuh melalui buang air besar dan buang air kecil. Memang kebutuhan biologi yang satu ini tidak bisa ditawar-tawar lagi alias ditahan karena gangguan kesehatan fisik dan mental siap menanti jika terus menahan-nahan buang air kecil maupun air besar.
http://1.bp.blogspot.com/_yOHoM2CSXMQ/SfJoJBcY5nI/AAAAAAAAQG8/mwAsxyf_2X4/s400/girl+pee17.jpg
Ketika kita dihadapkan dengan kebelet buang air, namun di sisi lain tidak terdapat toilet atau wc umum yang dapat kita gunakan untuk buang kotoran, maka berikut ini ada sedikit tips dan trik dari situs web organisasi.org bagaimana caranya untuk tetap tenang menghadapi kebelet buang air kecil (pipis / kencing / beser) dan kebelet buang air besar (pup / bab / boker) :
Ketika berasa ingin buang air segera datangi wc pribadi, wc umum atau toilet yang bersih dengan fasilitas air bersih yang memadai. Hindari menunda-nunda buang air agar tidak panik ketika semakin berasa, wc dipakai orang lain dan terhindar dari penyakit yang timbul dari menunda buang air. Cek dulu kuantitas air bersih apakah cukup atau tidak. . menjelma Jangan sampai setelah buang air tidak ada air yang cukup untuk membersihkan sisa kotoran yang ada.

Ketika harus antri maka kita harus tenang dan sabat menghadapi cobaan yang cukup berat itu. Rileks, tenang, cool, tahan, jangan pikirkan rasa kebelet tetapi pikirkan hal-hal yang membuat anda tenang. Jangan terlalu banyak gerakan agar tidak malu dilihat orang dan jangan tinggalkan tempat antri anda jika tidak perlu agar tidak semakin panjang antiannya.

Malu bertanya sesat di WC. Tanya baik-baik kepada orang yang ada di dalam wc apakah ada orang dan apa masih lama atau tidak. Jangan gengsi minta tolong untuk segera mempercepat keberadaannya di wc agar kita bisa segera memakainya. Semua orang akan mengerti kondisi anda. Kalau anda malu bertanya ketuk saja pintunya, jangan sampai kita menunggu lama ternyata tidak ada orang di dalam wc tersebut.

Jika tidak terdapat fasilitas memadai sesuai kondisinya maka bereskan segera. Jika di toilet mall, hotel, kantor, dsb tidak ada air atau perangkat pendukung lain segera hubungi cleaning service atau teknisi agar cepat diselesaikan. Jika perlu waktu lama carilah wc lain yang bisa digunakan.

Jika berada jauh dari rumah, segeralah pulang atau mampir ke rumah orang yang kita kenal untuk menumpang buang hajat. Bisa juga numpang di rumah orang yang belum kita kenal, di masjid, di sekolah, di warung, di toko, di kantor, dsb namun lihat dulu situasinya apakah layak dan aman atau tidak. Dalam perjalanan berjalanlah cepat dan alihkan konsentrasi pada hal-hal yang menenangkan anda agar mengurangi rasa kebelet itu. Kata orang-orang dulu (mitos) mengantongi batu di saku celana bisa membantu mengurangi rasa kebelet akan buang air besar. Jika buang air di tempang orang lain, usahakan dibersihkan seperti sedia kala setelah melakukan buang air.

Hindari terlalu fanatik dengan wc di rumah sendiri sehingga untuk buang air besar tidak mau di tempat lain selain di rumah kita sendiri. Sifat seperti itu hanya justru menyiksa anda. . menjelma Selama ada wc yang bersih dengan air bersih yang cukup, buanglah kotoran anda. Tidak perlu ada sabun, tisu toilet, handuk, dll ketika kondisi darurat karena cukup dengan air bersih maka tangan kita bisa bersih.

Sumber: http://haxims.blogspot.com