Selasa, 04 Januari 2011

Ini Penyebab Gairah Seks Menurun Pasca Melahirkan

img
dok. thinkstock
Jakarta - Setelah melahirkan, tidak sedikit wanita yang belum siap untuk melakukan hubungan intim. Gairah seks mereka juga biasanya menurun. Apa penyebabnya?

Dilansir Sheknows, berapa lama waktu yang dibutuhkan seorang wanita untuk bisa berhubungan seks lagi setelah melahirkan, berbeda-beda untuk setiap orang. Perbedaan tersebut karena beberapa faktor.

Salah satu faktor tersebut adalah rasa sakit yang belum hilang setelah proses penjahitan. Wanita yang melahirkan melalui proses normal, ada yang mendapatkan jahitan. Sedangkan mereka yang melalui proses caesar pasti dijahit.
Wanita-wanita yang mendapatkan jahitan ini butuh waktu lebih lama untuk bisa kembali berhubungan seks dengan nyaman.

Ibu yang menyusui juga biasanya kurang bersemangat untuk bercinta. Jangan khawatir, hal ini terjadi karena hormon estrogen mereka menurun karena proses menyusui tersebut. Menurunnya hormon estrogen ini dapat menyebabkan keringnya vagina. Saat melakukan hubungan seks pun akan menjadi tidak nyaman.

Menurunnya hormon estrogen pada wanita yang menyusui ini sebenarnya tidak menjadi kendala berarti asal tahu cara mengatasinya. Untuk para suami, lakukan fore play yang cukup lama sebelum bercinta. Pastikan istri Anda sudah merasa nyaman saat penterasi akan dilakukan.

Perubahan pola tidur juga salah satu faktor yang membuat seks setelah melahirkan jadi tertunda. Bayi yang baru dilahirkan biasanya pola tidurnya belum sama dengan sang ayah dan ibu. Mereka kerap terjaga di malam hari, sehingga membuat ibu kurang tidur. Kurang tidur ini dapat menyebabkan libido wanita menurun.

http://www.wolipop.com/read/2011/01/03/080004/1537742/227/ini-penyebab-gairah-seks-menurun-pasca-melahirkan